Minggu, 27 Oktober 2013

PRINSIP DASAR SISTEM HYBRID



SISTEM HYBRID


Salah satu factor kenaikan suhu bumi yang dapat kita rasakan saat ini yakni efek dari polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor. Untuk itu saat in perkembangan teknologi kendaraan bermotor terus berkembang untuk menekan angka emisi gas buang.

Hybrid adalah salah satu perkembangan teknologi yang terdapat dalam kendaraan bermotor. Prinsip utama teknologi ini adalah meringankan kerja mesin konvensional dengan dibantu oleh motor listrik yang bersumber dari batre. Hybrid dapat membuat angka konsumsi bahan bakar menjadi lebih effisien dan juga membuat angka emisi gas buang yang dihasilkan kendaraan turun.

1.       Konvensional





2.       Tenaga Listrik






3.       Hybrid







Komponen utama mobil hybrid terdiri atas:

1.       Mesin internal combustion
2.       Power split device
3.       Batere
4.       Motor listrik
5.       Generator
6.       Power control unit
7.       Hybrid Transaxle



Dilihat dari cara kerjanya teknologi hybrid terbagi atas tiga system, yakni:
a.       Sistem Seri
Teknologi hybrid menggunakan mesin konvensional dan motor listrik. Dalam system seri, mesin internal combustion sebagai daya penggerak utamanya. Sedangkan motor listrik hanya memberikan daya lebih saat mobil berakselerasi.
b.      Sistem Pararel
Dalam system pararel ini motor listrik berperan sebagai penggerak utama. Sedangkan mesin internal combustion hanya sebagai penggerak generator untuk mengisi batre sebagai sumber tenaga utama untuk menggerakan motor listrik.
c.       Sistem Seri/Pararel

Pada saat ini banyak mobil hybrid yang sudah diproduksi masal menggunakan system ini











Tidak ada komentar:

Posting Komentar